Kamis, 23 Juli 2015

Koneksi Data Ada tapi Tidak Bisa Koneksi ke Internet

Beberapa hari yang lalu, kakak iparku menelepon. Tablet Advannya tidak bisa menjelajah internet setelah dimainkan anaknya. BBM pun tak bisa. Di browser yang dipakainya, muncul pesan peringatan keamanan (security warning) "There are problems with the security sertificate for this site".

Seperti biasa, kujawab coba matikan koneksi data lalu hidupkan kembali. Dia bilang sudah dicoba. Kutanya lagi apakah ada tanda koneksi internet (berupa panah atas bawah yang ada di bar kekuatan jaringan). Dia jawab ada. Kemudian kuminta untuk melihat profil Access Point Names yang ada di pengaturan androidnya. Ternyata pas dengan profil operator seluler yang digunakannya.

Daripada pusing, mendingan googling. Itulah enaknya hidup di zaman canggih. Informasi bisa cepat didapat sepanjang ada sinyal internet berkekuatan cukup. Kudapatlah bahwa masalahnya bisa bersumber dari pengaturan tanggal dan waktu. Kuminta Kakak mengecek apakah Automatic date & time dicentang. Ternyata tidak. Lalu dicentangnya dengan pilihan Use network-provided time. Selesai, androidnya sudah bisa terhubung dengan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar