Sabtu, 17 Maret 2012

Pengalaman Unik Memperpanjang STNK Motor

Hari ini, 17 Maret 2012, saya menemani istri (promosi boleh ya, blognya di bukankombur.com) memperpanjang STNK di Samsat Corner di salah satu plaza di Medan. Ternyata mengalami sedikit masalah dan diminta untuk datang langsung ke Samsat Jl. Putri Hijau Medan. Segeralah kami meluncur ke sana dan kurang lebih 5 menit sudah sampai di lokasi.

Ternyata penyebab masalahnya adalah pada bulan Januari 2012, istri saya telah mengurus perpanjangan STNK yang sebenarnya jatuh tempo 17 Maret 2012. Petugasnya mungkin kurang cermat dengan tidak melihat tanggal jatuh tempo, sehingga terdaftarlah pengurusan tersebut. Berhubung pengurusannya lebih cepat 2 bulan dari jatuh tempo (ternyata secepat-cepatnya pengurusan 45 hari sebelum jatuh tempo), pengurusan di bulan Januari 2012 tersebut ditolak. Sayangnya, petugas tersebut lupa untuk menghapus pendaftaran tersebut dari sistem sehingga tetap berada di sistem hingga hari ini.Di Samsat Jl. Putri Hijau, istri saya menemui petugas khusus di lantai 2 (saya tidak ikut menemani dan hanya menunggu di bawah). Sayangnya mereka juga tidak bisa menghapus pendaftaran tersebut karena telah lebih sebulan. Penghapusan ini menjadi wewenang otoritas di atasnya. Petugas meminta istri saya kembali Senin untuk mengurus kembali perpanjangan STNK dikarenakan hari ini Sabtu yang jam kerjanya hingga pukul 13:00 WIB.

Benar-benar pengalaman unik. Kecepatan perpanjangan yang akhirnya berbuahkan kerepotan. Hehe... Tapi dari pengalaman ini mendapatkan pelajaran. Waktu yang tepat memperpanjang STNK adalah secepat-cepatnya 45 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Jika kita telah mendaftarkan perpanjangan STNK, maka pendaftaran tersebut akan tetap berada di sistem Samsat Corner hingga 3 hari. Dalam tempo 3 hari ini, petugas harus segera menghapus jika tidak ingin timbul masalah. Hendaknya petugas di Samsat Corner ini cermat (karena menurut istri saya, petugas yang ditemuinya di lantai 2 Samsat Jl. Putri Hijau juga komplain ke atasannya karena cukup seringnya masalah seperti ini terjadi).

Jadi bagi yang ingin mengurus perpanjangan STNK-nya, jangan buru-buru ya. Niat mau cepat, akhirnya jadi repot.

1 komentar: