Senin, 19 Maret 2012

Ukuran Folio/F4 di Word dan Printer

Sering sekali konsumen kami memakai ukuran Legal di Microsoft Word untuk menyatakan ukuran folio/F4. Ini salah. Ukuran Legal itu adalah 8.5"x14" sedangkan ukuran kertas folio itu 8.5"x13". Selisihnya 1" atau 2,54 cm.

Jadi jika hendak menggunakan kertas ukuran folio, pada pilihan Paper size, pilihlah Custom size lalu ketikkan 21.59 cm untuk Width dan 33.02 cm untuk Height. Inilah ukuran kertas folio/F4 yang sebenarnya.


Hal yang sama berlaku untuk printer. Untuk printer bermerk Canon, pada saat mencetak dari Word, pilih Properties. Di bawah tab Page Setup, pilihlah Custom untuk Page Size dan ketikkan 8.5 untuk Width dan 13 untuk Height (Units dalam inch).


Untuk printer bermerk Epson, pada Printer Properties-nya, di bawah tab Main, pilih User Defined pada Size. Klik 0.01 inch untuk Unit, lalu ketikkan angka 850 di Paper Width dan 1300 di Paper Height. Simpanlah setting ukuran ini agar tidak repot untuk selanjutnya. Ketikkan Folio di Paper Size Name lalu klik Save. Berikutnya tinggal memilih Folio di kolom Size pada Printer Properties.



Semoga berkenan.

1 komentar: