Senin, 23 April 2012

Recovery Windows Toshiba Satellite L635

Buat kamu yang punya Toshiba Satellite L635 dengan Windows asli bawaan pabrik yang ingin me-recovery (mengembalikan) sistem operasi Windows seperti saat dibeli, dapat mencoba cara ini:

  • Nyalakan notebook. Begitu BIOS selesai loading, tekan F8 hingga muncul menu Advanced Boot Options, pilih Repair Your Computer lalu Enter. Tunggu hingga proses loading selesai. 
  • Klik Next pada kotak dialog untuk memilih keyboard input method (US). 
  • Pada kotak dialog System Recovery Options, klik Toshiba Recovery Wizard. Lalu pilih versi Windows yang diinginkan, di sini dipilih Windows 7 32-bit version lalu klik Next
  • Akan muncul pesan Warning. Klik Yes untuk melanjutkan. 
  • Selanjutnya kita memilih Recovery of Factory Default Software lalu klik Next
  • Jika ingin menghapus seluruh data dan partisi bisa memilih Erase the hard disk (berhati-hatilah dalam bertindak). Selanjutnya muncul pilihan Recovery method. Jika ingin mengembalikan Windows seperti pertama kali dibeli, pilih Recover to out-of-box state. Jika ingin mengembalikan Windows tanpa merubah partisi yang telah dibuat, pilihlah Recover without changing the hard drive partitions. Sedang pilihan Recover to a custom size partition adalah kita mengembalikan Windows dengan sebelumnya membuat partisi baru. Di sini saya memilih Recover without changing the hard drive partitions. Lalu klik Next. 
  • Muncul pesan konfirmasi bahwa partisi pertama akan dihapus dan kamu akan kehilangan semua data dalam partisi. Klik next untuk memulai.

Semoga berhasil.

28 komentar:

  1. itu data yg ke hapus yg ada di drive c doank atau semua drive???

    BalasHapus
  2. Di poin 6 sudah saya jelaskan secara singkat. Kalau pilihan Recover without changing the hard drive partitions, maka yang dihapus partisi Windows, biasanya C:

    BalasHapus
  3. kalo dari beli udah pake windows 32bit, trus mau ganti ke 64bit, apakah product keynya sama dg yg 32 bit?mhn pencerahan,thanks

    BalasHapus
  4. setelah klik Toshiba Recovery Wizard, kita disuruh pilih 32-bit dan dibawahnya ada 64-bit... apa artinya saya bisa pilih yang 64-bit? (sebelumnya yang terinstal 32-bit). jadi apakah dalam 1 OS windows 7 punya saya, saya bisa memilih salah satunya sesuka saya ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada kasus ini, saya tidak mencoba 64 bit mas dan tidak akan memilih 64 bit seandainya me-recovery lagi dikarena spek laptop tersebut lebih cocok dan mendukung versi 32 bit. Thanks

      Hapus
  5. Jika pakai cd.apa harus memasukan cd terkebih dahulu?.data saya banyak dan sudah di back up.saya ingin hapus semua dan install ulang seperti pertama x beli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. recovery-nya ditanam di dalam hardisk, jadi gak perlu CD

      Hapus
  6. Mas, saya mw recovery ke default factory tapi setelah diperiksa, partisi sistem yg bawaannya ga ada, yg ada cm HDDrecovery. jadi pas recovery ga muncul pilihan toshiba recovery wizardnya.
    Bisa share partisi system bawaannya ga mas?
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah mengikuti langkah di atas dengan benar urutannya? Kalau sudah, mungkin saja partisi bawaan pabrik sudah terhapus sehingga mas tidak bisa recover lagi. Tapi kemungkinan ini kecil, kecuali salah bermain-main dengan software partisi atau pernah pada saat instalasi Windows tidak sengaja terhapus.

      Hapus
  7. Udah mas, kayanya emang kehapus partisi yang sistem bawaannya. soalnya pas diperiksa partisi yang dihidden cuma ada yang HDDrecovery aja. harusnya kan ada yang partisi sistem sekitar 1.4 GB gitu, nah yg itu ga ada ternyata. boleh minta yg itu g mas? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya tidak punya laptop itu. Waktu itu ada yang minta tolong ke saya.

      Hapus
  8. mau tanya ane mau recovery os yang ada di dalam hardisk (bawaan pabrik) sudah mengikuti langkah seperti diatas tetapi tidak muncul Toshiba Recovery Wizard, tetapi ane liat recovernya masah ada di dalam hardik. Bagaimana cara memanggil recover os tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya bisa. Coba dilakukan langkah-langkahnya dengan teliti.

      Hapus
  9. dari tadi aku baca bg, tengok profile, ternyata senior ku, cas cas cas bg !!

    oia bg, kalo recovery of factory default software selanjutnya tidak pilihan recovery without changing the hard drive partition,melainkan ingin merubah size partisi C dan D, aku pilih recover to a custom size partition bg ?selanjut nya tetap terinstal recover os win 7 ori yg (bawaan pabrik) kan bg?

    thanks sebelumnya bg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cas..cas..cas..

      Kalau recover to a custom size partition itu recover dengan membuat partisi baru. Lebih lanjutnya belum pernah mencoba opsi ini apakah bisa untuk mengubah size partisi. Dicoba aja ikuti langkahnya, nanti share di sini ya.

      Thanks.

      Hapus
  10. ternyata, recovery of factory default software and Recover to a custom size partition (step 3) mengubah size partisi drive C, Note : menghapus HDD Recovery os win 7 untuk penginstallan ke depan, sehingga mengakibatkan fatal. di point ini aku memilih Recover to out-of-box-state (System Recovery Options are included. source : http://aps2.toshiba-tro.de/kb0/HTD1303440001R01.htm info lebih lanjutnya.

    thanks.

    BalasHapus
  11. Mau nanya ni... Jika Hdd diganti apakah masih bisa recovery windows... Soalnya HDD Satellite L635 ane rusak & system recovery windowsnya bisa dipndahin ke HDD yg bru & masih bisa berfungsi ga???
    Mohon bantuannya gan...

    BalasHapus
  12. kalau dari windows 8 (aku install sebelumnya) bisa dikembalikan aou of box win 7?
    mhn pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama partisi recovery tidak terhapus, kurasa masih bisa.

      Hapus
  13. makasih om atas ilmu nya,,kebetulan banget nih,ada yang minta tolong ke saya buat instalin netbook toshiba nya n windowsnya ternyata ori jadi sayang klo saya ganti sama yang bajakan.hehehe
    semoga makin bertambah ilmunya dan bisa sharing2 lagi..makasih banyak

    BalasHapus
  14. Mau nayanya mas kalo pas mau recovery nanyain user name password bagaimana soalnya sy ga tau password nya

    Usename : toshiba
    password : ga tau .....

    solusinya bagaimana ya terima kasih

    Nur alam

    BalasHapus
  15. Thanks buat share nya... Mudah2an gak terjadi lagi kedepannya sm kawan2 yg lain. Heheheh

    Info ==> Pusat Service Laptop Komputer Printer

    BalasHapus