Kamis, 21 Juni 2012

Mengaktifkan Webcam Netbook Samsung NC108

Hari ini mendapatkan kerjaan aneh, webcam netbook Samsung NC108 tidak bisa dipakai. Coba memperhatikan baik-baik papan keyboard, namun tidak menemukan tombol buat mengaktifkannya. Coba bongkar CD instalasi driver-nya, juga tidak menemukan. Juga coba masuk ke situs Samsung buat mencarinya, juga tidak menemukan.

Akhirnya coba googling untuk mencari program gratisannya. Salah satu yang didapat adalah ManyCam yang bisa diunduh di www.manycam.com. Ada juga versi berbayar tentunya dengan fasilitas yang lebih baik. Kemudian melakukan instalasi dan webcam berhasil dijalankan. Selain ManyCam, juga bisa dicoba YawCam yang saat tulisan ini dibuat beralamat di http://hem.bredband.net/yawcam/.

Mungkin hal ini berlaku untuk notebook Samsung juga karena ada juga notebook Samsung (tidak sempat mengingat serinya) yang harus mendapat perlakuan sama agar webcam dapat digunakan.

12 komentar:

  1. tengkyu inpohnya mas..
    dr kemaren nyari2 kok gak ktemu2,..
    pas gugling eeehh nemu blognya mas..
    tengkyu yak..

    BalasHapus
  2. makasih banyak om
    akhirnya tertolong :D qrain ni netbooknya yg error

    BalasHapus
  3. kalo punya saya laptop samsung ultra tuh apa sama aja ya gak ada drivernya? harus donlod di link tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah coba dilihat di CD driver, apa ada gak driver khusus webcamnya? Kalau gak ada, mungkin bisa dicoba, tapi resiko tanggung sendiri ya :)

      Hapus
  4. thank you so much om...

    BalasHapus
  5. trims om share nya... mang lagi nyari nih ilmunya.... moto pake laptop

    BalasHapus