Senin, 16 Desember 2013

Mengganti Tanggal Pengambilan Foto

Bermula dari scanning foto lawas keluarga istriku bertanggal 16 Oktober 1984 pukul 20:30 (salut dengan mertua laki-lakiku yang menulis tanggal pengambilan foto tersebut, memang mertuaku sangat perfeksionis untuk urusan administrasi), akupun hendak mencantumkan tanggal tersebut pada kolom Date taken di Properties foto. Secara gampangnya aku bisa mengubah melalui klik kanan file foto, lalu pilih Properties, lalu klik tab Details, lalu klik pada kolom Date taken. Sayangnya dari situ aku hanya bisa mengubah tanggal saja, tidak waktunya.

Apa yang kamu lakukan kalau bingung dan butuh informasi? Kalau aku jelas buka google.co.id. Dari googling dapatlah referensi dari situs Microsoft untuk menggunakan Windows Photo Gallery. Oh ya, Windows Photo Gallery ini adalah program gratis untuk galeri foto bagi penguna Windows asli. Photo Gallery ini merupakan bagian dari Windows Live Essentials. Ada juga Movie Maker, Messenger, Mail, Writer, Family Safety, Skydrive, dan Outlook Connector Pack.

Akupun mengunduh file offline installer-nya di sini. Sebenarnya aku sudah punya karena sudah pernah memasang Movie Maker, tapi entah kemana, ditambah lagi mana tahu ada penyempurnaan aplikasi, jadi kuputuskan mengunduh kembali. 

Setelah diunduh, kupasang. Aku hanya memilih memasang Photo Gallery and Movie Maker, aplikasi yang lain tidak. Juga dibutuhkan koneksi internet untuk memasang aplikasi ini. Pastikan bahwa Windowsmu asli.


Setelah terpasang, buka Photo Gallery dari Start. Untuk mengganti tanggal dan waktu pengambilan foto, klik pada foto lalu klik menu Edit, lalu klik Adjust time. Kemudian ubahlah tanggal dan waktunya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar